Zakat Atau Sedekah ? Pada Mertua

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarokatuh.

Ustadz saya mau bertanya, bagaimana hukumnya mengeluarkan zakat / sedekah untuk menghidupi mertua. Karena menurut ana keluarga mertua termasuk dalam kategori miskin ( karena keterbatasan fisik, mertua saya hanya bekerja sebagai supir panggilan)

Jadi sebulan penghasilan mertua saya tidak menetap, mungkin hanya 200 rb perbulan. Jadi ana kirim uang setiap bulannya untuk mertua saya. Sekian pertanyaan dari saya. (syamsul hadi – gresik)

Jawaban

Assalamu alaikum wr.wb.

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulllahi Rabbil alamin. Wash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi. Wa ba’du:

Allah telah menjelaskan siapa saja yang berhak untuk mendapatkan zakat (mustahiq) dalam surat at-Taubah ayat 60. Siapapun yang termasuk dalam kelompok mustahik, selama ia bukan ayah, ibu, kakek, nenek, dst, bukan pula anak, cucu, dst, serta bukan orang yang wajib Anda nafkahi, maka dalam kondisi demikian ia boleh menerima zakat Anda. Dalam hal ini orang tua isteri (mertua) termasuk yang berhak jika memang termasuk ke dalam golongan mustahik.

Bahkan perbuatan tersebut termasuk dari bagian berbuat baik kepada isteri seperti yang Allah perintahkan dalam Alquran, “Perlakukan mereka (isteri) dengan baik.” (QS an-Nisa: 19)

Selanjutnya jika zakat saja diperbolehkan untuk diberikan kepada mertua yang mustahik, apalagi sedekah.

Wallahu a’lam. Wassalamu alaikum wr.wb.

Zakat Atau Sedekah Pada Mertua